Skip to main content

Awal Baru


Sudah satu tahun sejak terakhir kali saya menuangkan isi pikiran saya di blog. Akhir-akhir ini saya memutuskan untuk membuat sebuah blog baru di WordPress, rencananya akan saya gunakan sebagai sebuah travel blog. Jadi apa saja yang telah dilewatkan?
Agustus 2013.
Kehidupan saya sebagai seorang siswa sekolah menengah atas telah resmi berakhir pada 24 Mei 2013, ketika saya dinyatakan lulus di selembar surat. Di hari itu saya menggunakan toga seperti wisudawan-wisudawati di perguruan tinggi. Beberapa hari setelahnya, tepatnya 28 Mei 2013, kembali saya menerima pengumuman yang akan menentukan masa depan saya, pengumuman SNMPTN untuk program studi arkeologi di salah satu universitas negeri bergengsi di Indonesia. Untungnya saya berhasil mendapatkan tulisan berwarna hijau (baca: dinyatakan lulus). Untuk mengawali kehidupan sebagai seorang mahasiswa, saya mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan oleh universitas tersebut, seperti orientasi belajar mahasiswa, orientasi kehidupan kampus, hingga orientasi tingkat fakultas. Semua rangkaian tersebut katanya wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru (maba).
September 2013.
Bulan pertama aktivitas perkuliahan pada tanggal 2 September. Deg-degan? Tentu. Namun di hari pertama perkuliahan, saya bersyukur saya memiliki sifat sok tau. Terkadang sok tau juga baik kok! :)Bulan pertama perkuliahan berjalan dengan sangat lancar, dan memunculkan perspektif dalam otak saya bahwa kuliah itu mudah. Serius? Baca postingan saya yang lainnya, dan akan saya jabarkan betapa “mudahnya” hidup di kampus.
Oktober 2013.
Salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang saya minati sejak lama akan membuka pendaftaran bagi mahasiswa/i UI yang ingin mengikutinya. Berhubung saya tertarik dengan UKM ini sejak lama, saya memutuskan untuk mendaftarkan diri saya. Ada perasaan takut ketika mengisi formulir, karena saya tahu kalau orangtua saya tidak mengizinkan anak perempuan pertamanya untuk mengikuti UKM ini. Saya pernah mencobanya ketika SMA dan gagal. Tapi yang namanya usaha memang pasti membuahkan hasil. Akhirnya orangtua saya mau menorehkan tandatangannya di surat izin keikutsertaan UKM tersebut. Akhirnya saya punya aktivitas baru!
November 2013.
Di bulan November, saya resmi menjadi bagian dari himpunan mahasiswa jurusan saya, KAMA (Keluarga Mahasiswa Arkeologi) setelah mengikuti berbagai kegiatan sebelumnya. Di bulan ini juga saya mulai sibuk dengan kegiatan baru saya. Setiap dua minggu sekali saya pergi ke tempat-tempat baru yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya.
Desember 2013.
Kegiatan saya di bulan ini tidak jauh berbeda dengan bulan sebelumnya. Saya rasa tidak ada yang menarik untuk diceritakan.
Januari 2014.
Memasuki tahun yang baru seharusnya diisi dengan diri yang baru pula. Bulan Januari menjadi bulan paling “rusuh” dalam hidup saya. Meskipun libur, namun saya dan teman-teman harus menyiapkan sebuah perjalanan panjang yang menjadi bagian dari tahap dua pendidikan UKM saya. Waktu yang diberikan tidak lebih dari satu bulan untuk mempersiapkan sebuah ekspedisi kecil ke ujung timur Pulau Jawa. Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi merupakan yang beruntung karena menjadi pilihan kami. Pada 25 Januari, sebanyak 60 orang berangkat menuju Banyuwangi dengan menggunakan kereta. Jika sesuai dengan rencana, perjalanan akan dilakukan hingga 5 Februari 2014.
Februari 2014.
Perjalanan panjang telah usai. Namun berbagai tugas pasca perjalanan mulai menghantam, mulai dari laporan pertanggungjawaban hingga harus mempersiapkan output dari perjalanan panjang tersebut. Di bulan ini saya mulai sadar akan pentingnya menulis. Setelah sekian lama absen dari notes ataupun laptop, saya harus kembali menulis sebagai bentuk pertanggungjawaban di bidang yang saya geluti ketika perjalanan panjang, yaitu humas dan publikasi. Keinginan boleh muncul lagi, tapi niat untuk menulis tetap saja tak kunjung datang…..
Maret 2014.
Lama-kelamaan saya menjadi terbiasa dengan tenggat waktu. Kembali saya harus menyiapkan sebuah acara dalam waktu kurang dari tiga minggu. Satu kata: HECTIC!
April 2014.
Hari posting ini ditulis masih berada di awal bulan keempat. Masih belum banyak yang bisa ditulis. Kecuali jika saya mau menuliskan tugas-tugas saya yang tidak kunjung henti. Saya menarik kembali perkataan saya di awal semester satu bahwa kuliah itu mudah, apalagi jika dilakukan bersamaan dengan kegiatan non-akademis.
Mei 2014.
Masih sama seperti bulan sebelumnya, tugas datang tanpa ampun. Saya pusing.
Juni 2014.
Akhirnya, UAS pun tiba. Untungnya saya dapat melalui UAS (meskipun hasilnya masih belum keluar hingga detik ini). Liburan yang telah lama saya nantikan datang. Saya hanya ingin berterima kasih karena di bulan ini saya mendapat kejutan yang berbeda :)

Masih banyak yang belum saya tulis. Sebaiknya saya mulai kembali aktif menulis untuk menuangkan isi pikiran saya yang sudah tumpah ruah. Sebaiknya atau memang harus?

Comments

Popular posts from this blog

The Good Son

Hey semua. Apa kabar??? Beberapa hari lalu, gue nonton film "The Good Son" Yg main Macaulay Culkin dan Elijah Wood... Jujur, alur ceritanya bikin gue shock. Bagus, sedih, dan beda dari film yg lain. Jadi gini ceritanya: Ibunya Mark (Elijah Wood), baru aja meninggal. Tapi, papanya harus pergi tugas kerja. Berhubung lagi libur winter , akhirnya Mark dititipkan ke rmh tantenya - ibunya Henry (Macaulay Culkin). Awalnya sih, Mark seneng2 aja bisa main bareng sepupunya (normal lah ya, anak kecil). Tapi, lama2 Mark mulai ngerasa ada yg gak beres sama si Henry ini. Awalnya gini, mereka lagi main bareng di kuburan. Gak disangka, si Henry ini ngeluarin rokok & nyuruh Mark utk merokok. Disini, Mark udah mulai punya feel gak enak sama si Henry ini. Masalah selanjutnya, jadi Henry tuh punya mainan tembak2an yg dia buat sendiri. Senjatanya itu pake mur gitu. Kebetulan, Henry ini punya dendam sama anjing yg selalu ngejar2 dia. Terus, mereka lagi main2 sama senjata it

21st Century Breakdown, Love Drunk, atau My Worlds

heyhuahua blogger.... gue lagi males nulis sebenernya, tapi ga tau kenapa gue mau nulis blog... Ok, langsung aja yaa.. Jadi, sabtu kemarin gue ke MOI, Kelapa Gading. Nah, disana tuh gede banget asli *org kampung ke MOI, masih ngefek sampe sekarang*. Sebenernya sih, gue kesana bareng sama keluarga gue. Tapi, gue dan pelayan gue yg selalu buntutin gue (baca: ade gue), keluyuran kemana-mana. Setela h 2 jam kaki bengkak muter-muter MOI, gue & ade gue nemu disctarra. kalap ngeliat disctarra yg segitu gedenya, gue & ade gue langsung lari ke dalem, padahal udah mau tutup. Begitu gue masuk,, petugasnya langsung dateng. Terjadi perdebatan deh disitu. gue         : "mbak, cd lagu dimana?" MD         : "ooh, disini dek" gue ikutin. setelah sampe, ade gue : "mau beli cd apa?"        gue         : " kalo ga Love Drunk, Greenday *berhubung cd Greenday gue rusak* ade gue : "Greenday lagi? kok?" gue         : "

2012-2013

Setelah dua tahun saya menjalani hidup sebagai seorang senator, akhirnya saya melepas jabatan ini pada senin yang lalu. Susahnya mengejar nilai akademis dan mengejar deadline program kerja, pulang malem padahal besoknya ulangan, sudah pernah gue alami yea. Kalau di sekolah lain disebut OSIS, di Gonzaga disebutnya Senat B). Banyak sekali hal yang gue dapatkan setelah menjadi bagian dari keluarga kecil ini. Kerja sama, leadership, bagaimana mengatasi suatu masalah dengan cara yang efektif, mengorganisasikan sesuatu, sampe bagaimana cara menjadi seseorang yang jayus pun bisa lu dapetin. Tanggal 28 Januari 2013, pelantikan untuk Senat 2013-2014 pun diadakan. Sedih sih sebenernya ngelepas semuanya. Tapi ya mau gimana lagi, harus ada regenerasi kan? :) Hanya ingin mengucapkan selamat kepada para senator yang baru. Selamat bertugas, semoga kalian bisa menjadi sebagaimana harusnya dan bisa melaksanakan semua program kerja dengan kemampuan kalian yang maksimal. Tons of luck for you guys ({